Sabtu, 16 April 2016

Sewindu Rumah Kartini

Sewindu Rumah Kartini
Bulan April ini bertepatan dengan delapan tahun usia Komunitas Rumah Kartini. Windu adalah istilah untuk selang waktu selama 8 tahun. Menurut Penanggalan Jawa, yang dirombak dan disempurnakan oleh Sultan Agung, raja Kesultanan Mataram, satu windu terdiri dari delapan tahun dengan nama-tahun: Alip, Ehe, Jimawal, Je, Dal, Be, Wawu, dan Jimakir.

Windu juga memiliki siklus, yang terdiri dari empat siklus, yang masing-masing dinamakan Windu Adi, Kunthara, Sengara, dan Sancaya. Jadi, satu siklus memakan waktu 32 tahun. Ini berarti 24 tahun lagi, Komunitas Rumah Kartini akan merayakan Windu Adi. Semoga usia kita panjang ya, bisa turut memeriahkan lagi.


Dalam agenda Sewindu yang pertama kali ini, Komunitas Rumah Kartini mengusung program Reproduksi Warisan Kartini dan Japara dengan tema, "Menapak Jejak Meretas Makna."

Bocoran konsepnya selain memamerkan koleksi RA Kartini yang sudah diproduksi ulang, juga menggelar simposium lintas negara. Menurut saya ini acara nekat, edan, anti mainstream. Bagaimana tidak? Dalam usianya yang terbilang masih belia (delapan tahun) sudah berani handle dan menggelar acara yang terlalu berani, setidaknya di Jepara.

Pemerintah daerah sekalipun bakal berfikir seribu kali untuk menggelar kegiatan serupa. Hal ini yang membuat saya salut dengan kerja keras sahabat Rumah Kartini.

Visualisasi Gong Senen
Kegiatan ini bukan sekedar mengundang peneliti sekaligus pemerhati Kartini dari dalam maupun luar negeri saja. Melainkan juga menampilkan karya-karya RA Kartini dan memamerkan keberadaan Gong Senen, yang konon kabarnya lenyap, musno, hilang tanpa diketahui keberadaannya. Ada juga sumber yang mengatakan bahwa sebenarnya Gong Senen merupakan legenda, kiasan dalam cerita, tidak berwujud. Namun semua itu tersanggah dalam acara kali ini.

Sahabat Komunitas Rumah Kartini meyakini bahwa keberadaan Gong Senen masih ada hingga saat ini. Hal ini dibuktikan dengan dipamerkannya replika hasil reproduksi Gong Senen, oleh sahabat Komunitas Rumah Kartini.

Penasaran? Sama!
Sampai jumpa pada gelaran Sewindu Rumah Kartini, 19 s/d 24 April 2016 di Chody Art Gallery, Jepara.

Tidak ada komentar: